Macam Macam Flasher Dan Kekurangan Kelebihannya

Flaher adalah suatu komponen kelistrikan kendaraan bermotor yang fungsinya sebagai pengatur jeda kedipan lampu dalam hal ini lampu sein pastinya sob,karena memang syarat sebuah lampu sein harus berkedip sebagai isyarat apakah motor akan belok kiri atau belok kanan atau bahkan kedip kanan kiri sebagai lampu isyarat bahaya atau biasa kita sebut sebagai lampu Hazard.
Flahser bisa kita sebut juga sebagai relay wingker,karena dalam komponen flasher sendiri terdapat kumparan,Resistor,kapasitor dan tentunya salar magnetik sebagai pemutus dan penghubung arus/setrum.
Flasher terbagi atas 4 jenis Yakni
1. Flasher Standar Pabrik

flasher-standart-pabrik
Flasher Standart Yamaha New Vixion merek Mitsuba

Flahser seperti ini biasanya bermerek dari vendor Mitsuba dan merek Denso,biasanya juga kalau dari standart pabrikan didalamnya ada kumparan,Resistor,kapasitor dan salar magnetik sebagai pemutus dan penghubung arus.
Cara baca flasher ini mudah sekali,tinggal liat saja pada casingnya maka biasanya ada tulisan speknya,seperti Flasher Mitsuba yang menjadi vendor pabrikab jepang misalnya tertulis 12,8 Volt dan kedipanya 85 per menit lalu spek flasher tersebut digunakan untuk 2 lampu dengan daya 10 watt.
Lalu jika menemui spek flasher  10W x 2 + 3,4 W.. itu artinya  flasher tersebut di gunakan untuk bohlam sein sein dengan daya 10 watt + 3,4 watt di bohlam indikator spidometer.
Kelebihan Flasher Standart :
  • Lebih awet dan tahan lama
  • kedipan sesuai dengan beban lampu,gak kedip bego lagi ðŸ˜€
Kekurangan Flasher Standart :
  • Jika salah satu lampu ada yang putus maka salah satu lampu sein tidak akanj nyala (misal yang putus kiri maka yang tidak bisa berkedip kiri)
  • bobot lebih berat
2. Flasher LED

flasher-for-LED
Flasher LED

Flasher ini bisanya tidak lagi mengunakan kumparan,dan saklar magnetik sebagai pemutus dan penghubung arus akan tetapi sudah memakai rangkain konponen elektronik yang ditanam pada papan PCB.
Kelebihan Flasher LED :
  • Bobot lebih ringan
  • Biasanya ada komponen potensio mini untuk mengatur waktu kedipan,jadi bisa disesuaikan tuh mau kedip sedang,cepat ,cepat banget atau lambat.
Kekurangan Flasher LED :
  • jika beban (lampu) lebih besar kedipan akan lebih cepat
  • mudah rusak jikalau terkena air
3.Flasher 3 kaki atau Flasher Mobil

flasher-3-kaki-untuk-mobil
Flasher 3 Kaki

Flasher 3 kaki umumnya sering kita jumpai pada mobil. Kenapa dinamakan Flasher 3 kaki? ya memang karena ada 3 kaki dimana ketiga kaki tersebut ada kaki L (beban/lampu) kaki B (battery/arus positif) dan kaki E (ground/earth/arus negatif)
  • Kelebihan Flasher 3 kaki atau Flasher Mobil ialah  kedipan lampu sein tidak berpengaruh pada beban lampu yang biasa kita nilai dalam satuan watt, jadi mau watt (daya) lampu berapapun Flasher tipe ini akan tetap berkedip.
  • susah dicari
  • harga lebih mahal
Last,itulah artikel mengenai Flasher motor dan penggunaannya
Semoga Berguna!

Komentar

  1. Lucky Club: The best gambling site
    Lucky Club is the one site for people who luckyclub.live only need a bit of casino experience. Read our honest review of Lucky Club and learn how you can win big

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Lampu Rem Kedap Kedip Dengan Flasher

Cara Membuat Lampu Hazard/Double Sen Pada Motor